Membuat Game Puzzle Menggunakan Java


Sudah hampir 1 bulan ini saya bolak balik Bogor Jakarta, berangkat jam 5.30 dan kembali lagi jam 20.00. Berarti kurang lebih 14 jam 30 menit saya kerja. Kurang lebih 40% (6 jam) dari waktu itu saya habiskan di perjalanan. Kondisi jalan yang jauh plus macet, menyebabkan saya harus ‘berjalan’ selama itu. Berawal dari Angkot Kampus Dalam s.d. Laladon, dilanjutkan dengan angkot Laladon s.d. Stasiun, kemudian beralih naik KRL dari st. Bogor ke st. Manggarai, dan diakhiri dengan naik Kopaja 66 menuju kantor di Kuningan, Jakarta.

Perjalanan seperti ini saya lakukan setiap hari, kecuali akhir pekan (Sabtu dan Minggu). Bagian paling melelahkan adalah ketika di KRL. Sudah bukan rahasia lagi, angkutan KRL Bogor-Jakarta, jauh dari ideal. Jumlah penumpang yang ‘bejibun’ tidak sebanding dengan jumlah KRL. Walhasil ribuan manusia berjejelan setiap harinya di dalam KRL. Dalam kondisi seperti ini, jangan terlalu berharap dapat tempat duduk. Anda harus berjuang keras agar dapat tempat duduk dengan datang lebih pagi atau lari sekencang2nya begitu pintu KRL terbuka, dan segera meraih tempat duduk yang kosong. Saran terakhir itu tidak jarang sesama ‘pencari kursi kosong’ saling sikut berebut berlarian seperti berebut sembako :). Dan ketika saya sudah mendapatkan tempat duduk, belum tentu saya duduk di kursi itu, hati kecil saya selalu berteriak2 ketika ada ibu2 yang berdiri di depan saya, dan akhirnya saya merelakan tempat duduk itu utk ibu2. Ketika kondisinya seperti ini, berdiri adalah satu2nya cara untuk sampai ke kantor. Tahukah Anda, berapa lama jarak Bogor – Manggarai. 1 Jam! ya 1 jam. Selama itu lah para penumpang berdiri. Waktu yang cukup lama dan melelahkan, mengingat kondisi KRL yang sangat penuh dan sesak. Tak jarang sesekali terasa pengap, seperti kehabisan oksigen.

Tiba2 terdengar teriakan dari penonton… “Woyyyy……. Ini artikel salah judul ya? Judulnya apa, isinya apa. ‘Jaka Sembung’ ini mah…”.

Ok… ok.. maaf terlalu bertele2, cerita di atas sebenernya hanya latar belakang saja dari pembuatan game ini (udah masuk nih…). Seperti cerita saya di atas, waktu 1 jam di dalam KRL yang melelahkan itu bener2 bikin BT. Ada beberapa cara untuk meredam rasa BT, beberapa di antaranya adalah:

  • Tilawah
  • Baca Buku/koran
  • Main Game
  • Ngobrol sama penumpang lain

Beberapa solusi di atas cukup ampuh membuat waktu perjalanan terasa lebih singkat. Dan khusus untuk point no 3, Main Game, saya melakukannya di HP. Salah satu game favorit saya adalah Puzzle, game nya sangat sederhana, cuma geser2 puzle biar dapat rangkaian gambar yang terurut. Menurut saya ini game cukup bagus, melatih kita mengatur strategi dan memperkuat ingatan.

Nah, dalam tulisan ini, saya sedikit berbagi dengan pembaca untuk membuat game puzzle ini. Dalam program yang saya buat, saya tidak menggunakan gambar sebagai background potongan puzzle, tapi menggunakan angka. Goal dari game yang saya buat adala menyusun potongan puzzle sehingga angka2 terurut dari 1 s.d. 8 kemudian disusul tanda pagar (#). Ada beberapa hal yang saya latih dari pembuatan game ini:

1. Algoritme

2. Struktur program yang rapi (memisahkan antar view dan controller)

Dengan struktur program yang bagus, program akan mudah dikembangkan misalkan, mengganti potongan puzzle dari yang tadinya angka menjadi gambar, menambahkan efek suara, dll. Dan tentunya algoritme yang baik (dan benar), akan membuat program menjadi lebih ringan dijalankan (misalnya karena penggunaan memory yang efisien).

Oke tanpa berpanjang2 kata dan berbahasa-bahasi :), silahkan pembaca sekalian mengunjungi halaman download saja. Di sana sudah disediakan source code dan juga hasil build-nya. Sehingga anda dapat membaca source codenya(siapa tahu butuh) atau kalau hanya ingin main2 dengan program buatan saya silahkan ekstrak hasil download kemudian buka folder dist double klik WarmingUp.jar.

Link Donwload: Pilih WarmingUp.rar ya..

About windupurnomo

I'm interested in programming. I am active with several programming such as Java, C #, C, JavaScript, HTML. I'm also develop desktop application (Java Swing), Mobile Application (Android), and Web programming (ASP MVC).
This entry was posted in Java and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Membuat Game Puzzle Menggunakan Java

  1. agung says:

    Mantur sembah nuwun nggih…

  2. om, game ny kl bisa kasi solusi donk jadi biar jalan sendiri. kasi AI gt lohhhhh

Leave a Reply

