Bermain dengan Pixel di Java (Bentuk Geometri)


Tulisan sebelumnya membahas tentang membentuk sebuah titik di java, sekarang akan diberikan contoh dan sedikit penjelasan tentang bentuk geometri lainnya.

Garis

Method: drawLine(int x1, int y1, int x2, int y2);
Contoh: g2d.drawLine(0,0,30,30);
Ini berarti kita akan membuat garis yang menghubungkan titik 0,0 dan titik 30,30.

Rectangle

Rectangle Outline

Method: drawRect(int x, int y, int width, int height);
Contoh: g2d.drawRect(0, 0, 20, 20);
Ini berarti akan menggambar persegi panjang (tanpa isi), pada koordinat 0,0 (koordinat kiri atas rectangle adalah 0,0) dengan ukuran panjang 30px dan lebar 20px.

Rectangle Fill

Method: fillRect(int x, int y, int width, int height);

Contoh: g2d.fillRect(0, 0, 30, 20);

Ini berarti akan menggambar persegi panjang dengan isi, pada koordinat 0,0 (koordinat kiri atas rectangle adalah 0,0) dengan ukuran panjang 30px dan lebar 20px.

Lingkaran

Lingkaran Outline

Method: drawOval(int x, int y, int width, int height);

Contoh: g2d.drawOval(0, 30, 20, 20);

Ini berarti akan menggambar lingkaran (tanpa isi), pada koordinat 0,30 (koordinat kiri atas rectangle adalah 0,30) dengan ukuran diameter 20px.

Lingkaran Fill

Method: fillOval(int x, int y, int width, int height);

Contoh: g2d.fillOval(30, 30, 20, 20);

Ini berarti akan menggambar persegi panjang dengan isi, pada koordinat 30,30 (koordinat kiri atas lingkaran adalah 30,30) dengan ukuran diameter 20px.

import java.awt.Color;
import java.awt.Dimension;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Graphics2D;
import java.awt.Insets;

import javax.swing.JPanel;
import javax.swing.JFrame;

import java.util.Random;

public class Geometri extends JPanel {

  public void paintComponent(Graphics g) {
      super.paintComponent(g);

      Graphics2D g2d = (Graphics2D) g;

      g2d.setColor(Color.blue);

      Dimension size = getSize();
      Insets insets = getInsets();

      int w =  size.width - insets.left - insets.right;
      int h =  size.height - insets.top - insets.bottom;

      //menggambar garis
      g2d.drawLine(0,130,170,130);

      //menggambar rectangle outline
      g2d.drawRect(0,0,50,50);

      //menggambar rectangle fill
      g2d.fillRect(60,0,50,50);

      //mengubah warna
      g2d.setColor(Color.red);

      //menggambar oval outline
      g2d.drawOval(0,60,50,50);

      //menggambar oval fill
      g2d.fillOval(60,60,50,50);

  }

  public static void main(String[] args) {

      JFrame frame = new JFrame("Geometri");
      frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
      frame.add(new Geometri());
      frame.setSize(250, 200);
      frame.setLocationRelativeTo(null);
      frame.setVisible(true);
  }
}

About windupurnomo

I'm interested in programming. I am active with several programming such as Java, C #, C, JavaScript, HTML. I'm also develop desktop application (Java Swing), Mobile Application (Android), and Web programming (ASP MVC).
This entry was posted in Image Processing, Java and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Bermain dengan Pixel di Java (Bentuk Geometri)

  1. doris says:

    nice post…
    makasih atas infonya…

  2. ROFIQ says:

    Oke mas, ada tutorial java tentang pemaketan aplikasi java menjadi file .exe(siap di install) ? Mohon bantuanya

  3. Abid Addima'i says:

    Thanks… matur nuwun….

  4. dimaz says:

    bang source code biar bisa gerak thu gmn?kayak persegi berputar lingkaran berputar trs segitiga juga gmn?atw klo ga bisa menghilang trs muncul lagi gmn ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s