Programmer Java untuk Aplikasi Perbankan??


Setelah melalaui perjalanan panjang, waktu yang lama, dan test serta interview yang cukup berat, akhirnya saya diterima di sebuah software developer nomor wahid di negeri ini (begitulah orang2 mengatakan), sangat prestisius. Kata-kata yang sangat berkesan diakhir interview adalah, “kapan kamu mau mulai kerja?”. Ini adalah sebuah penghormatan yang besar, software developer besar membutuhkan jasa ku..😀

Seteleh interview selesai aku ngobrol-ngobrol dengan bapak2 yang tadi meng-interview, menanyakan projek apa yang bakalan aku kerjakan nanti. “Kebanyakan program yang disini adalah aplikasi untuk perbankan, mostly“, begitu kata bapak tadi. Denger kata2 itu, aku jadi lemes, ragu, bingung, sayang sekali. Ya, ini semua bertentangan dengan apa yang aku fahami. Aku tidak  ingin mendapatkan harta dari proses riba.

Aku menanyakan kepada Bapak tadi apa yang membuatnya mau mengerjakan projek dari perbankan ini, karena dia seorang muslim. Dia bilang, “kita membuat kulkas, dan kita tidak tidak peduli benda apa yang dimasukkan ke kulkas”. Tiba-tiba ada harapan dan keyakinan aku akan mengambil pekerjaan ini. Di perjalanan pulang, aku masih memikirkan pekerjaan yang akan aku ambil ini, sampai pusing rasanya. Teringat kembali kata-kata bapak2 tadi yang men-interview, namun masih ada suara2 dari hati yang menolak pekerjaan ini (aplikasi perbankan).

Setelah sampai di rumah, aku googling, untuk mencari tahu bagaimana hukumnya kerja di perbankan, nanya temen, nanya ustadz, juga nanya dosen yang menurutku dia faham tentang konsep riba. Sampai sini pun aku masih bingung, sedangkan perusahaan software developer tadi memberiku waktu sampai minggu depan untuk tanda tangan kontrak.

Ya robb berikan aku petunjuk, jangan berikan kepadaku harta yang tidak Engkau ridhoi.

Berikan untukku, istriku, dan anak2ku harta yang halal, yang akan memberikan keberkahan untuk kami.

Jika pekerjaan ini Engkau ridhoi, mudhkan, dan yakinkan aku untuk menerimanya.

Jika pekerjaan ini tidak Engkau ridhoi, jauhkan sejauh2nya, dan jangan jadikan hatiku condong kepadanya.

About windupurnomo

I'm interested in programming. I am active with several programming such as Java, C #, C, JavaScript, HTML. I'm also develop desktop application (Java Swing), Mobile Application (Android), and Web programming (ASP MVC).
This entry was posted in Kuliah and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Programmer Java untuk Aplikasi Perbankan??

  1. A.Robith Sya'bani says:

    Membuat sofware Kospin Syariah

  2. Muzakkir says:

    saya sengan belajar mengembangkan aplikasi java netbean secara online kepada sahabat temen tong dibantu saya cara membuat aplikasi destop online dengan java terimakasih moga Allah akan membukan kan pintu ilmu dan ramat kepada kita yang berusaha secara baik dan ikhlas amin

  3. dunia.naana says:

    Ekonomi syariah.. Hmm.

    Belajar dengan media java.. mau dong pak contoh project sederhananya, minimal yg bisa menjelaskan perbedaannya dgn bank umumnya..🙂

Leave a Reply

