Mengatasi Error Apache XAMPP


Ada banyak penyebab error yang terjadi pada apache xampp. Yang akan saya tulis di sini adalah error yang terjadi karena “path to executable” service apache nya salah. Kesalahan ini biasanya terjadi karena memindahkan xampp ke lokasi lain. Misalkan saya merasa tidak nyaman xampp yang berada di drive C, kemudian xampp itu saya pindahkan ke drive E (uninstall xampp, kemudian install lagi dengan mengatur xampp agar terinstal di drive E).
Error yang disebabkan semacam ini dapat diatasi dengan cara merubah path apche yang akan dieksekusi ke path apche yang baru.

  1. Buka registry editor: start > run > ketik: regedit > ok
  2. HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Apache2.2 (asumsi: service yang akan dirubah adalah Apache2.2)
  3. Klik kanan ImagePath pilih Modify
  4. Ubah value data
    before: “C:\xampp\apache\bin\apache.exe” -k runservice
    after: “E:\xampp\apache\bin\apache.exe” -k runservice
  5. OK

Sekarang coba jalankan lagi apache, mudah-mudahan berhasil.

About windupurnomo

I'm interested in programming. I am active with several programming such as Java, C #, C, JavaScript, HTML. I'm also develop desktop application (Java Swing), Mobile Application (Android), and Web programming (ASP MVC).
This entry was posted in Windows and tagged , . Bookmark the permalink.

26 Responses to Mengatasi Error Apache XAMPP

  1. bayu says:

    mas mohon bantuan. kai mengalami trouble XAMPP. XAMPP ini kami pakai untuk menggerakkan program perspustakaan SENAYAN.
    peringatan yang muncul sbb:

    Warning:mysqli::query ()[mysqli.query]:(HY000/1194):Table ‘mst_module’ is marked as crashed and should be repaired in C:\XAMPP\htdocs\senayan\lib\admin_logon.inc.php on line 90

    Fatala Error: call to a member function fetch_assoc() on a non-object in C;\Xampp\htdocs\senayan\admin_logon.inc.php on line 91

    pertanyaan saya:
    1. Bagaimana cara memerbaikinya? memngingat kami awam soal XAMPP ini. org yang negerti soal ini sudah keluar dari tempat kerja kami. mohon bantuannya
    2. apakah install ulang XAMPP jauh lebih baik dan mudah dan nantinya tidak akan menimbulkan permasalahan yang sama?
    3. apakah instalasi ulang tidak memengaruhi data base yang ada? Program aplikasi perpustakaan SENAYAN yang kami pakai berbasis mysql
    4. apa yang menyebabkan terjadinya error ini?

    kalau tidak memberatkan, jawaban bisa dikirimkan ke email saya: bayugunawan@gmail.com

    terimakasih atas bantuannya

  2. windupurnomo says:

    Dari pesan error yang disampaikan, yang harus dilakukan adalah merepair tabel mst_module. Cara merepair itu gampang,
    1. Aktifkan XAMPP Control Panel (Start -> all Programs -> XAMPP)
    2. Pastikan Apache dan MySQL sudah berjalan/start (warna hijau)
    3. Masuk ke browser, kemudian masukan: http://localhost/phpmyadmin
    4. Pilih database yang anda gunakan
    5. Check list, tabel mst_module
    6. Kemudian, dibawah ada combo box (With Selected:), pilih: REPAIR

    Proses ini tidak akan menghapus data, tapi untuk berjaga2 silahkan dibackup saja datanya.

  3. Adrian says:

    Assalamualaikum mas terimakasih banyak… mudah2an cita2nya tercapai dan mendapatkan Ridho dari Allah… Amin……

  4. ga ngaruh mas tetep aja ga bisa di buka
    muncul tulisan EROOR: xampp is alreadi running
    gimana itu gan??

    ehh iy nanya lg
    kita bisa buat lebih dari 1 website lewat joomla ga gan??

    mohon pencerahanya 😀
    kunjungin blog ane yeah..
    atau kirim lewat email
    thnQ b4…

  5. wahid says:

    Terima kasih mas, problem terbesar saya teratasi. sekali lagi terima kasih artikelnya. sangat membantu.

  6. klo apace nya busy knapa?

  7. diannovita says:

    Salam kenal mas..sy lg belajar install xampp, tetapi apache-nya tidak jalan.port 80 di komputer sy dipakai oleh progam map server for windows (ms4w) yang kebetulan di dalamnya memakai server apache jg(path executablenya: c:\ms4w\apache\bin\httpd.exe -k runservice). jd port apache utk xampp sy ubah di bagian conf ke port 81.tetapi xampp tetap belum bs jalan. sy cek di command prompt netstat ttp port 81 tdk terdeteksi. sy cek path executable utk xampp c:\xampp\apache\bin\apache.exe -k runsevice.ketika sy start, tertulis: cannot start the apache 2.2 service on Local Computer. Error 2: cannot find the specified file.
    kemudian sy cek di folder xampp, file apache.exe tsb memang tidak ada, yg ada file httpd.exe. apa yg hrs sy lakukan. terima kasih sebelumnya.

  8. poet7 says:

    saya ganti port di httpd nya tetap nggak kebaca.
    apache busy mulu..

    itu kenapa yha??

  9. libian says:

    mas kalo mo pindahkan file ke kaset, kto plih folder yang mana aja mas….????

  10. praditya99 says:

    saya juga mau tanya,
    masalah untuk apache dan mysql tidak mau di start
    terus aja busy,
    bisa tolong minta bntuannya gak?

  11. achie says:

    gan ane nunut yah… seorang newbie minta pencerahan nih…
    ketika maw njalani sebuah web bikinan temen di xampp 1.7.3… muncul gini…
    A Database error occured
    unable to select the specified database: dbrockin2
    filename :\xampp\rockin\system\database\DB_driver.php
    line number 140…. tulung gan pencerahan… thanks alot be4….
    email saya : w4dhep4ck@gmail.com….

  12. kalo XAMPP nya not respond terus ada warning ERROR: xampp is already running

  13. kalo XAMPP nya not respond terus ada warning ERROR: xampp is already running itu knapa yaaa?

  14. febbri angga says:

    mz bor kita saya membuka file php ataupun html gak bisa dibuka di brouser knapa ya…..ada eror yang tulisan not server….trus dibawahnya da tulisannya pot 80

  15. salam om.
    mau nanya nich..sebelumnya saya udah instal xampp.buat web offline saya. kemudian baru2 ini, saya dapet aplikasi jibas(aplikasi akademik sekolah) dan kemudian saya instal di laptop yg sebelume dah ada xamppnya.
    setelah instal jibas. muncul direktori xampp baru di C:YIM\JIBAS\Xampp.
    jibas nya mang berjalan normal.tapi untuk web offline saya ketika saya buka malah not found. tolong minta solusinya..biar kedua-duanya bisa jalan di laptop. makasih
    karena saya jarang online.mungkin bisa minta tolong kirim juga jawaban ke email ya….emha.0110@yahoo.com

    • windupurnomo says:

      Salah satu langkan yang mudah mungkin bisa memindahkan folder aplikasi Web Offline Anda, dari C:XAMPP\htdocs\[namaweboffline] ke C:YIM\JIBAS\Xampp\htdocs

  16. roni says:

    mas bro, saya install xampp ternyata password root@localhostnya telah saya rubah gimana cara mengembalikannya ke kondisi bawaan (dimana root tidak memerlukan password)
    terima kasih

  17. huan says:

    mas, mw tanya, aku mau jalankan program senayan, tapi saat klik apache start muncul tulisan sperti ini:
    Please close this command only for Shutdown
    Apache 2 is starting …
    The system cannot find the path specified.

    Apache could not be started
    Press any key to continue . . .

    dan juga mysql startnya
    Please dont close Window while MySQL is running
    MySQL is trying to start
    Please wait …
    MySQL is starting with mysql\my.cnf (console)
    The system cannot find the path specified.

    MySQL could not be started
    Press any key to continue . . …
    mohon bantuanya, terima kasih..

  18. Marcel says:

    Assw,,, aku mau nanya phpmysql ku g bisa terbuka n muncul pesan Error

    MySQL said: Documentation
    #2002 – No connection could be made because the target machine actively refused it.

    The server is not responding (or the local server’s socket is not correctly configured).
    Connection for controluser as defined in your configuration failed.

    gimana cara mengatasinya aku bingung…

  19. syahrul says:

    mas, mau nanya nie, kenapa program saya g bisa jalan, sebelum saya install ulang xamppnya jalan programnya. terima kasih jawabanya. di email mas jawabanya

  20. mas makasih banyak banget banget banget ya mas , terbantu banget nih mas , PERTAMAX!! , kata om indro “KOMPOR GAS”

  21. yf says:

    ass.
    maaf mas klw xampp. netbeans google gklbsa jln itu knp tdi.a jln stlh sya updte windows eh mlh gk jln.
    mohon bantuan.a mas

Leave a comment